for a Better Journey

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Siapa yang tidak kenal gunung yang satu ini? Gunung yang meletus pada tahun 1883 dan menimbulkan efek letusan yang dahsyat sampai ke Jepang ini ternyata terletak di Selat Sunda dan masih dalam wilayah Lampung.
Gunung Krakatau adalah salah satu gunung berapi yang terkenal di dunia.

Gunung Krakatau menjadi tempat wisata khas Provinsi Lampung karena ledakan yang sempat menggemparkan dunia itu. tentu saja,dalam kondisi siaga, kita tidak boleh berkunjung terlalu dekat ke Gunung Krakatau ini. 

Seberapa dahsyat sih, letusan Gunung Krakatau ini? Ternyata, akibat letusan Krakatau pada 27 Agustus 1883 itu, terjadi ombak tsunami setinggi 40 meter, yang meluluhlantakkan 165 desa di sekitar Selat Sunda. Sebanyak 36.417 orang tewas akibat bencana tersebut.

Berdasarkan catatan CNN Indonesia, letusan Krakatau terbilang dahsyat karena terjadi pada saat populasi manusia sudah banyak. Bandingkan dengan letusan Gunung Api Toba, yang jauh lebih hebat, tapi terjadi puluhan ribu tahun lalu.

Para ahli mencatat, letusan itu setara dengan 30 ribu kali ledakan bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada Perang Dunia II. 

Jadi, tertarikkah anda mengunjungi gunung dahsyat ini?
ClarestaYHalim ClarestaYHalim Author

Pengikut

Total Tayangan Halaman